Breaking News
Loading...
2013-10-24

Mamfaat Buah Pohon Berambang

M Syamsuri aktivis PRCF Menunjukan pohon Berembang dikawasan hutan manggrove TWA Sungai Liku di desa Nibung kec Paloh. - Doc : LPSAIR
BCC. Pohon Berambang (Sonneratia Caseolaris) Pohon berukuran kecil hingga sedang, tinggi sekitar 15 m dan jarang-jarang mencapai 20 m. Tajuk renggang dengan ranting-ranting menggantung di ujung. Serta dengan banyak akar napas yang besar muncul vertikal di sekeliling batangnya, kadang-kadang hingga beberapa meter jauhnya dari batang.
Kerap didapati di hutan-hutan bakau di bagian yang bersalinitas rendah dan berlumpur dalam, di sepanjang tepian sungai dan juga di rawa-rawa yang masih dipengaruhi pasang-surut air laut. Buah pidada terapung dan dipencarkan oleh aliran air
Potensi buah Sonneratia Caseolaris atau buah berambang di kawasan hutan manggrove TWA Sungai Liku di desa Nibung kec Paloh (Sambas ) sangat besar sekali.
”Banyak masyarakat belum mengetahui fungsi buah berembang,”ujar Syamsuri aktivis PRCF Indonesia.
“Manfaat buah berambang bise dibuat sirup, dodol, selai...daun muda (pucuk) bise di lalapan atau buat camporan pecel atau urap,”jelas Syamsuri.(1/10).
Dia mengharapkan, buah pohon, Berambang (Sonneratia Caseolaris) bisa dimamfaatkan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat disekitar kawasan hutan mangrove.
“Memang tanaman ini hanya tumbuh dikawasan-kawasan yang berlumpur,tetapi tipe hutan mangrove lain juga masih sangat banyak potensinya,”ujas Syamsuri.
Syamsuri menerangkan,pohon berembang di Kal-Bar terdapat dipesisir hutan mangrove Kec. Paloh Kab. Sambas dan pesisir Kec. Batu Ampar.(dh/jw)

Copyright © LPSAIR 2013 - Borneoclimatechange

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top