Breaking News
Loading...
2013-12-23

Radio Komunitas GEMA SOLIDARITAS Raih Anugerah KPID AWARD 2013


CIMG3326-1

Pontianak Tanggal 31 Mei 2013 yang lalu bertempat di Hotel Kapuas Palace Pontianak diadakan malam Anugerah KPID Award bagi lembaga penyiaran yang diselenggarakan oleh KPID Kalimantan Barat. Kegiatan yang diikuti oleh lembaga penyiaran televisi, Radio Swata juga Radio Komunitas.
Faizal Reza, ST Ketua KPID Kalimantan Barat mengungkapkan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi lembaga serta pelaku penyiaran untuk menyajikan materi yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu kategori yang dilombakan adalah Radio Komunitas, yang dimenangkan oleh Rakom Gema Solidaritas Ketapang.

Rakom Gema Solidaritas (RGS) yang komunitasnya adalah anggota CU. Pancur Solidaritas berdiri sejak tahun 2005 di Kabupaten Ketapang, fokus menyampaikan pemberdayaan, pelestarian alam, budaya serta kontrol sosial. Penghargaan ini tentu merupakan apresiasi untuk seluruh Rakom yang ada di Kalbar yang berjumlah hampir dua-puluhan dan tergabung di Jaringan Radio Komunitas Kalimantan Barat (JRKKB).
dr. Ph. Frans Reagen Ketua Perkumpulan GS mengungkapkan kekuatan Rakom itu ada di komunitasnya, bagaimana komunitas juga turut andil dalam kegiatan pemberdayaan ini. Mulai berpartisipasi sebagai penyiar, iuran solidaritas juga memberi masukan untuk materi siaran yang disampaikan. Salah satu anggota komunitas adalah Pak Syaili Rais yang tertarik untuk menyumbangkan materi syair gulung tentang pelestarian alam yang dibuatnya.
Rakom dengan segala keterbatasannya terbukti turut memberi warna bagi dunia penyiaran dalam hal pemberdayaan komunitasnya. Dengan materi penyiaran yang disampaikan perlahan muncul kesadaran masyarakat seperti mulai membiasakan menabung, peduli pada lingkungan serta mencintai seni budaya yang ada.
Dengan penghargaan KPID Award 2013, tentu memotivasi RGS untuk semakin meningkatkan kualitasnya menjadi lembaga penyiaran yang sehat dan bermanfaat sesuai tema yang diusung KPID Kalimantan Barat.

Penulis VD irwin Ragil CU PS

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top